0 di keranjang

No products in the cart.

Diskon up to 50% segera cek kategori produknya.

Tips Memilih Jenis Tanaman Hias

Bingung memilih jenis tanaman hias untuk taman Anda? Ternyata ada banyak hal yang perlu diperhatikan, baik itu iklim, kondisi tanah, maupun udara. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda memilih jenis tanaman hias yang sesuai.

Tahan terhadap kondisi iklim
Iklim di Indonesia cenderung memiliki curah hujan, penyinaran matahari, dan suhu udara yang tinggi (±26°C) sepanjang tahun. Kondisi iklim ini sering kali membuat tanaman tidak tumbuh subur. Contohnya daun dan bunga tanaman yang sering rontok atau cepat gugur. Solusinya adalah dengan memilih jenis tumbuhan yang sesuai dengan iklim di Indonesia atau yang tahan terhadap cuaca panas.

tebaldaun

Perhatikan ketebalan daun, semakin tebal daun maka tanaman akan semakin tahan terhadap panas terik matahari. Begitu pula dengan permukaan daun, apabila terdapat semacam lapisan minyak mengkilap, artinya tanaman tersebut tahan terhadap panas.

BACA : JUAL TANAMAN HIAS !!!

Mudah dirawat
Salah satu pertimbangan yang harus diperhatikan dalam memilih tanaman hias adalah tanaman yang mudah perawatannya. Selain Anda tidak perlu repot-repot selalu membersihkan halaman, keindahan halaman rumah pun akan terjaga lebih lama. Dracaena, sanseviera, dan philodendron adalah contoh tanaman yang masuk ke dalam kriteria ini.

Dracanea (Song of India)

Dracanea (Song of India)

Menghasilkan banyak Oksigen
Fungsi utama sebuah taman adalah sebagai penghasil udara segar dan menjaga sirkulasi oksigen di sekitarnya. Pilihlah tanaman yang bisa memproduksi oksigen dalam jumlah banyak. Ciri-cirinya adalah berwarna hijau segar serta menyukai sinar matahari.

Paku Boston

Paku Boston

Tahan terhadap tingkat kelembaban rendah
Untuk tanaman hias dalam ruangan, pilih jenis tanaman yang tahan terhadap tingkat kelembaban yang rendah. Jika menyukai jenis tanaman berdaun, maka dapat memilih lidah mertua, sanseviera, dan sebagainya. Sedangkan untuk tanaman berbunga pilihan mungkin jatuh kepada anggrek, mawar, atau sejenisnya.

Anggrek Bulan

Anggrek Bulan

Bagi Anda yang ingin menanam tanaman hias dalam pot, cobalah untuk menanam jenis pepohonan. Kelebihan penggunaan media pot adalah praktis, mudah dipindahkan, mudah merawatnya, dan halaman menjadi rapi. Selain itu penggunaan pot juga membuat halaman tidak terlalu rimbun dan terbebas dari kesan kumuh. Untuk tips menanam tanaman hias dalam pot dapat dibaca pada