0 di keranjang

No products in the cart.

Diskon up to 50% segera cek kategori produknya.

Cara Membudidayakan Pepaya California

Cara Membudidayakan Pepaya California

Salah satu tanaman buah-buahan yang berasal dari daerah tropis adalah pepaya california. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Carica papaya ini mampu hidup di kondisi dataran rendah yang memiliki ketinggian 100 meter dpl. Untuk pertumbuhan yang optimal, ketinggian yang dibutuhkan sekitar 500-700 meter dpl.

Tanaman ini juga mampu hidup di kondisi daerah yang memiliki intensitas curah hujan sekitar 1000-2000 mm setiap tahun. Untuk penanaman di daerah kering, tanaman ini membutuhkan penyiraman secara rutin. Peluang usaha budidaya pepaya California dinilai mampu menghasilkan keuntungan dalam jumlah yang tinggi.

Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya peminat pepaya di Indonesia. Selain itu, permintaan pasar buah ini pun semakin meningkat dari tahun ke tahun. Maka dari itu, tak ada salahnya jika Anda mencoba peluang bisnis yang menjanjikan ini. Lantas, bagaimana cara membudiyakan pepaya california? Yuk ikuti ulasannya berikut ini.

Kelebihan Pepaya California

Mengapa masyarakat lebih memilih membudidayakan pepaya California? Sebab buah dengan varian ini memiliki berbagai keunggulan yang cocok dijadikan ladang bisnis. Keunggulan tersebut dijabarkan sebagai berikut.

  1. Bobot pepaya california berukuran sedang sekitar 0,8-2 kg sehingga pengemasan dan pengirimannya pun akan lebih praktis dan mudah.
  2. Kulit buah pepaya california cukup tebal, bentuknya lonjong, dan tekstur daging buahnya kenyal. Jika dicoba akan terasa enak.
  3. Batang pepaya california berukuran pendek sehingga memudahkan Anda dalam proses perawatan maupun pemanenan.
  4. Saat matang, warna buah pepaya california berubah menjadi lebih kekuningan. Rasanya pun juga manis
  5. Buah pepaya california sering digunakan sebagai hidangan dalam aneka masakan.

Itulah beberapa kelebihan pepaya California dari segi bisnis. Berkat keunggulan itulah, buah ini mampu dijadikan peluang usaha yang tepat bagi Anda meskipun masih pemula. Jika sukses, keuntungan yang didapatkan pun juga tinggi.

Cara Membudidayakan Pepaya California

  1. Memerhatikan kondisi iklim

Cara membudidayakan pepaya california yang pertama ialah memerhatikan kondisi iklim. Pasalnya, tanaman jenis ini hanya menyukai kondisi lahan yang berada di area ketinggian. Untuk itu, kondisi iklim yang tepat bagi tanaman ini sebaiknya berada di ketinggian 700 m dpl dengan tingkat kelembaban sebab 6-7 pH. Usahakan suhu udaranya 25-30 derajat celcius.

  1. Menggunakan Kondisi Lahan Tanam yang Tepat

Cara membudidayakan pepaya california yang kedua ialah menggunakan kondisi lahan tanam yang tepat. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan tanaman bisa maksimal. Sebaiknya, pilihlah lahan tanam yang memiliki sistem drainase yang baik. Usahakan di sekitar tanaman tidak ada genangan air karena dapat menyebabkan tanaman pepaya membusuk.

Lahan tanam yang sesuai untuk membudidayakan pepaya california adalah lahan terbuka yang sudah diolah terlebih dahulu hingga menjadi gembur. Bersihkan pula gulma dan rumput liar yang ada di sekitar lahan tanam. Setelah itu, buat bedengan sesuai ukuran lahan tanam, dilanjutkan dengan pembuatan lubang tanam sebesar 60x60x50 cm.

Pastikan juga jarak tanam antar pepaya california tidak terlalu rapat. Jarak tanam yang direkomendasikan sebesar 2,5 x 2,5 m. Yang perlu diperhatikan bahwa lubang tanam harus sudah siap 15 hari sebelum masa tanam. Pantau terus porositas tanah agar selalu dalam keadaan baik dengan kadar PH sekitar 6-7.

  1. Melakukan Pengolahan Bibit

Cara membudidayakan pepaya california yang ketiga ialah melakukan pengolahan bibit. Bagi Anda yang ingin hemat dan praktis, Anda pun bisa mengolah bibit pepaya california sendiri. Pertama-tama, siapkan benih pepaya yang berkualitas untuk disemai. Anda pun bisa memperolehnya langsung dari biji buah pepaya yang sengaja dibiarkan matang di pohon.

Benih biji pepaya california tersebut harus dijemur terlebih dahulu, kemudian direndam di dalam air. Apabila ada biji yang mengapung, biji itu harus dibuang sebab tidak layak tanam. Lakukan penyeleksian terhadap biji yang tenggelam. Setelah diseleksi, peram biji bagus tersebut di dalam koran yang telah diolah menjadi lembab dan simpan di tempat teduh hingga tumbuh tunas.

Ketika biji sudah menghasilkan tunas, pindahkan ke polybag yang telah diberi media tanam dari tanah dan pupuk kandang. Setelah Anda pindahkan ke polybag, letakkan pula media tanam tersebut ke lahan tanam yang sudah disiram sehari sebelumnya. Pada fase ini, usahakan tanah dalam polybag tetap padat dan tidak hancur agar bibit tidak layu yang berisiko mati.

Selanjutnya, tutup lubang tanam dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos. Usahakan bibit yang dipindahkan ke lahan tanam masih berusia lima bulan. Proses penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari untuk menjaga kelembapan tanah.

mati. Selanjutnya tutup lubang tanam dengan menggunakan pupuk kompos/kandang. Bibit yang dipindahkan ke lahan tanam setidaknya berumur 5 bulan dan proses penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari.

  1. Melakukan Perawatan Secara Intensif

Cara membudidayakan pepaya california yang keempat ialah melakukan perawatan secara intensif. Hal ini sangat penting untuk menunjang pertumbuhan tanaman agar selalu optimal. Pada awal masa tanam, sebaiknya Anda melakukan penyulaman dengan cara mengganti bibit tanaman yang layu atau mati dengan bibit baru yang lebih sehat.

Sangat disarankan untuk selalu memiliki bibit cadangan untuk sulam. Selain itu, lakukan penyiraman dengan sistem irigasi, jangan menyiram langsung ke arah tanaman sebab berisiko menyebabkan batang taman membusuk. Selanjutnya, lakukan pemupukan juga agar kandungan unsur hara dalam tanah selalu terpenuhi.

Pupuk yang direkomendasikan untuk budidaya pepaya California bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang. Seminggu setelah masa tanam, sebaiknya tambahkan pemupukan dengan jenis pupuk NPK 200 gram setiap pohon. Ketika tanaman seudah berusia tiga bulan, tambahkan dosisi pupuk NPKnya menjadi 300 gram/pohon.

Saat tanaman memasuki usia 6,9, dan 12, berikan pupuk NPK 500 gram dengan ditambah pupuk kandang 40 kg/pohon. Ketika tanaman pepaya california sudah berbuah, Anda pun bisa menambahkan pupuk KCI agar daya tahan tubuh tanaman ini selalu kuat dan dapat menghasilkan buah dengan rasa yang manis.

  1. Menjaga Tanaman Bebas Dari Hama dan Penyakit

Cara membudidayakan pepaya california yang kelima ialah menjaga tanaman bebas dari hama dan penyakit. Pasalnya, kedua serangan tersebut sangat mengganggu kesejahteraan perkembangbiakkan tanaman ini. Biasanya, hama yang menyerang tanaman pepaya ialah hama kutu putih. Untuk membasminya, Anda bisa menyemprotkan Bestox, Regent, Pestisida Akothion secara bergantian.

Selain hama kutu putih, terdapat juga hama tungau yang gemar mengisap semua cairan yang dimiliki daun muda. Untuk membasminya, Anda bisa menggunakan pestisida coracron, mesurol dan juga akarisida. Penyakit yang paling ditakuti saat membudidayakan pepaya california ialah Phythora parasitica, Palmivora, Collectricum dan Pythium.

Penyakit tersebut biasanya menyerang daun, akar, batang, hingga buah pepaya california. Penyakit ini pada umumnya timbul ketika musim penghujan. Anda pun bisa mengendalikannya dengan menyemprot larutan fungisida yang telah dicampur air sebanyak satu liter. Lakukan cara ini hingga penyakit yang diderita tanaman pepaya california sembuh.

  1. Melakukan Panen dan Pasca panen Dengan Tepat

Cara membudidayakan pepaya california yang keenam ialah melakukan panen dan pasca panen dengan tepat. Saat melakukan pemanenan, sebaiknya Anda memilih buah pepaya yang berwarna kuning semburat yang terlihat di ujung buah. Pasalnya, buah yang memiliki ciri-ciri tersebut menandakan bahwa buah siap dipanen.

Cara memanen buah pepaya california yang baik ialah dengan memotong bagian tangkai buah dengan gunting. Buah ini bisa dipanen dengan periode waktu sepuluh hari sekali. Supaya biah terlihat segar dan sehat saat selesai dipanen, sebaiknya letakkan buah di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung. Selain tu, berilah alas dari plastik maupun koran bekas.

Itulah cara membudidayakan pepaya california yang tepat agar hasil panen dapat melimpah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba.